sektor pariwisata sebagai penghasil devisa

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sektor pariwisata sebagai penghasil devisa sangat bisa dikatakan cukup untuk dibanggakan. Sumbangan dari sektor ini masuk tiga besar setelah minyak bumi dan juga kelapa sawit. Karenanya, keseriusan serta dukungan pemerintah terhadap pariwisata sangat diperlukan.

Bukan hanya sebagai penghasil devisa, namun juga menjadi salah satu penggerak perkonomian masyarakat. Berbagai produk barang dan jasa yang berhubungan dengan pariwisata bisa menjadi komoditi yang membuka bisnis baru. Selanjutnya, kesejahteraan masyarakat akan menjadi lebih baik lagi.

Sektor Pariwisata Sebagai Penghasil Devisa Bagi Indonesia

sektor pariwisata sebagai penghasil devisa

Kini, pariwisata sudah jadi primadona bagi salah satu peuyumbang devisa terbesar bagi Indonesia. Penyerapan tenaga kerja juga cukup signifikan dalam bidang ini. Pada tahun-tahun mendatang, sektor ini bisa saja mengalahkan pemasukan devisa dari industri kelapa sawit jika dikelola dengan lebih baik.

Pada lima tahun belakangan ini (dari tahun 2018), kontribusi pariwisata mampu mencapai angka US$ 13,568 miliar. Angka ini ada di posisi kedua setelah CPO (Minyak sawit kasar  / Crude Palm Oil) yang mencapai angka US$ 15,965 miliar.

Pariwisata sebagai Pendongrak Pembangunan Nasional

sektor pariwisata sebagai penghasil devisa

Dengan besarnya kontribusi dari sektor pariwisata sebagai penghasil devisa ini, maka turut pula medongkrak pembangunan nasional. Tercatat bahwa Indonesia menjadi salah satu dari 20 negara dengan pertumbuhan tercepat di bidang pariwisata.

Indonesia mampu bersaing dengan industri wisata di negara-negara tetangga. Misalnya saja Malaysia, Singapura, Thailand yang juga unggul dalam “tourism branding”. Kabar baiknya, Indonesia masih lebih unggul dan patut dibanggakan. Belum lagi masih terdapat banyaknya potensi tempat wisata yang masih belum diketahui publik.

Hal ini bisa dilihat dari semakin meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara. Pada beberapa tahun terakhir, jumlah kunjungan mampu menembus angka 12 juta. Di tahun berikutnya target akan semakin tinggi lagi.

Destinasi Wisata yang Dikembangkan di Indonesia

sektor pariwisata sebagai penghasil devisa

Ada beberapa destinasi wisata terbaik di Indonesia yang sangat bisa untuk diandalkan. Semuanya memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisatawan mancanegara. Beberapa contoh sedikit dari semua destinasi wisata tersebut adalah  Kepulauan Seribu, Bromo, Wakatobi, pantai tanjung tinggi di Belitung, dan kawasna wisata lain di Indonesia.

Banyak hal-hal menarik di Indonesia yang mampu menarik minat wisatawan, seperti :

  • Budaya unik dan terjaga => budaya yang dimiliki setiap suku di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri. Semuanya tersebar disetiap daerah. Budaya ini melahirkan pertunjukan dan festival yang selalu dipenuhi wisatawan.
  • Pulau dan pantai tropis => wisata alam adalah unggulan berikutnya bagi Indonesia. Ombak, pasir putih, dan birunya lautan menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah dengan berbagai olahraga air dan kehidupan baharinya, wisata alam adalah andalan Indonesia.
  • Daratan dengan flora dan fauna yang beragam => tak ketinggalan, salah satu ciri khas wisata di Indonesia yang unik adalah keragaman fauna dan floranya, bahkan kekayaan fauna laut indonesia sudah diakui di dunia internasional. Daratan Indonesia dengan karakteristik iklim trofisnya menjadi habitat alami yang mengagumkan bagi satwa-satwa.

Wilayah Indonesia dengan Potensi Wisata Terbesar

sektor pariwisata sebagai penghasil devisa

Potensi wisata di Indonesia masih sangat banyak. Banyak pulaunya yang belum dijelajahi dan dibuka untuk wisatawan umum. Akan tetapi, Indonesia sudah memiliki banyak destinasi unggulan yang terkenal di dunia.

Destinasi wisata yang memiliki potensi terbesar adalah Bali, Jakarta, Kepulaun Riau, Bandung, Yogja, Semarang, dan Solo. Sementara itu, untuk kegiatan bahari, yang memiliki prospek dan potensi terbesar adalah Wakatobi, Raja Ampat, Bunaken, dan Belitung karena memiliki pantai terindah di indonesia.

Itulah berbagai tempat dimana sektor pariwisata sebagai penghasil devisa berperan besar. Berbagai sajian alam dan juga kearifan lokal adalah potensi tersembunyi yang dimiliki. Kedepan, target pemerintah akan semakin besar terhadap industri wisata yang akan turut mensejahterakan rakyat Indonesia.


SIMPHOR TOUR & TRAVEL
Paket Tour Dan Wisata Pulau Belitung
JL. Gajah Mada No 01, Tanjungpandan, Belitung
Telpon :+62 719 25323
Mobile : +62 813 68067204
Whatsapp : +62 859 2495 6688
Email : info@simphortour.com

 

Leave a Reply

EnglishIndonesianMalay
WhatsApp chat