pulau cipir

Pulau Cipir merupakan salah satu pulau yang masih menjadi bagian dari Kepulauan Seribu yang wajib Anda kunjungi jika sedang mencari tempat liburan. Selain memiliki pemandangan yang snagat indah, pulau yang satu ini pun meninggalkan beberapa nilai sejarah yang mesti diketahui, terutama sejarah pada masa penjajahan Belanda. Banyak hal menarik yang ada di pulau ini yang bisa Anda dapatkan.

Jejak Sejarah yang Bersisa Pulau Cipir

wisata sejarah pulau cipir

Pulau Cipir merupakan salah satu pulau yang menarik untuk bisa dikunjungi. Julukan asli dari yang satu ini sebetulnya adalah Pulau Kuyper. Sebagian orang menyebutpulau tersebut dengan dengan nama Pulau Kahyangan.

Salah satu daya tarik dari Pulau Cipir itu sendiri adalah keberadaan reruntuhan bangunan tua yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Reruntuhan bangunan tersebut rupanya tak hanya terdapat satu, melainkan lebih dari itu. Pulau Cipir  juga terkenal sebagai tempat penyimpanan berbagai kebutuhan para kolonialis pada masanya. Tak hanya itu, pulau yang satu ini juga merupakan tempat penyimpanan barang yang dikirim dari Pulau Onrust.

Pada masa itu, Pulau Cipir dan Pulau Onrust dihubungkan dengan sebuah jembatan.

Jembatan tersebut awalanya berfungsi untuk mempercepat perpindahan barang dan penyimpanannya. Tidak hanya itu, jembatan ini merupakan saksi di mana orang-orang yang sakit dari Pulau Onrust atau dari Pulau Cipir dipindahkan di atas jembatan tersebut sebelum akhirnya mereka meninggal  kemudian dikuburkan di sana.

Pulau Cipir sebetulnya tak lebih dari  sebuah tempat penyimpanan atau  gudang besar yang memuat segala hal. Dalam arti lain, tempat ini dijadikan sebagai tempat transit perpindahan barang dari berbagai pulau melalui jembatan penyebrangan yang dibangun. Namun, erupsi besar Gunung Krakatau mengakibatkan jembatan tersebut hancur.

Tak hanya itu, pulau ini pun dijadikan sebagai asrama atau tempat karantina para jemaah haji. Namun, para jemaah haji di sana diperlakukan tidak layak dan seperti tawanan ketimbang mereka yang bersiap diri untuk memenuhi panggilan ke tanah suci. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa kawat berduri di sekitar bangunan tersebut, yang merepresentasikan penjara ketimbang karantina.

Hal bersejarah tersebut yang menjadikan daya tarik di Pulau Cipir. Sehingga, hal itu pun menarik minat para wisatawan yang ingin menambah ilmu sejarahnya.

Untuk itu, jika Anda menginginkan suasana yang berbeda untuk wisata pantai, Pulau Cipir dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk menghabiskan masa liburan Anda di sana.

Tak hanya menjadi situs  wisata yang bersejarah, Pulau Cipir juga dapat dijadikan salah satu pulau dengan tempat spot yang tepat untuk menyaksikan momen matahari terbenam. Di sana, tidak sedikit para pelancong datang untuk mengabadikan momen tersebut dengan membawa berbagai peralatan fotografi untuk menikmati keindahan pulau sekaligus sunset-nya.

Fasilitas di Pulau Cipir yang Bisa Didapatkan

fasilitas di pulau cipir

Pulau Cipir merupakan salah satu wisata pantai yang edukatif karena memiliki niai sejarah.  Maka dari itu, tempat tersebut sangat cocok untuk diadikan destinasi wisata berlibur bagi Anda. Lalu, apa saja fasilitas yang disediakan di sana?

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Kapal keliling untuk menjelajah beberapa pulau lainnya.
  • Paket makan siang yang bisa dipesan.
  • Tour guide lokal.

Di Indonesia sendiri, masih banyak wisata pantai lainnya yang menyenangkan dan dapat Anda nikmati keindahannya. Beberapa di antaranya ada di Belitung. Bagi Anda yang ingin berlibur di Belitung, terdapat paket tour belitung untuk mewujudkan liburan impian Anda.

Leave a Reply

EnglishIndonesianMalay
WhatsApp chat