3 Perbedaan Perbedaan Mendasar Antara Diving (Menyelam) dan Snorkeling

Perbedaan diving dan snorkeling perlu diketahui oleh para traveler, juga khususnya yang ingin memulai belajar dan tertarik akan olahraga pantai dan air. Hal ini karena keduanya sering disalah artikan sebagai olahraga air yang sama. Padahal masing-masing memiliki makna yang berbeda antara pengertian diving dan pengertian snorkeling. Meskipun demikian, antara diving dan snorkeling sama-sama menjadi olahraga air paling populer saat ini.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Diving dan Snorkeling

perbedaan diving dan snorkeling

Baik diving dan snorkeling keduanya bertujuan sama yaitu untuk menikmati keindahan bawah laut. Contohnya di pulau belitung, selain keindahan pantainya anda juga wajib mengetahui keindahan bawah lautnya. Anda bisa menggunakan layanan paket tour belitung yang kami sediakan kemudian mendapatkan layanan diving dan snorkeling yang termasuk pada fasilitasnya.

  • Diving adalah penyelaman di bawah air laut dengan kedalaman tertentu. Untuk standar yang baik, maka aktivitas ini harus dilengkapi dengan peralatan khusus untuk membantu pernapasan sekaligus sebagai alat keselamatan.
  • Sedangkan snorkeling sendiri merupakan aktivitas berenang di permukaan air. Jadi anda tidak perlu melakukan penyelaman lebih dalam lagi untuk melihat keindahan bawah air.

Itulah pengertian masing-masing kedua olahraga air tersebut. Selanjutnya, ada lebih banyak perbedaan antara keduanya, mulai dari alat dan juga keahlian yang dibutuhkan sangat berbeda.

Apa Saja Perbedaan Diving dan Snorkeling yang Mendasar

perbedaan diving dan snorkeling

Dunia bawah laut memang menarik untuk dilihat dan dijelajahi. Karena itulah, muncul berbagai aktivitas dan olahraga air yang memungkinkan seseorang melakukan hal di atas. Dalam hal ini termasuk snorkeling dan diving.

Bagi pecinta olahraga air, wajib mengetahui perbedaan lebih dalam antara diving dan snorkeling. Berikut ini adalah poin-poin mendasar yang membedakan keduanya :

1. Kedalaman Air yang Dijelajahi

Perbedaan pertama ialah pada kedalaman air. Untuk snorkeling hanya dilakukan di permukaan air saja. Jadi tidak dibutuhkan kedalaman tertentu untuk bisa menikmati keindahan bawah air.

Sedangkan untuk penyelaman atau diving, anda harus menjelajah di kedalaman laut tertentu. Bahkan anda bisa mencapai bagian laut yang dalam. Penyelam pun bisa merasakan sensasi menjelajah hingga ke dasar laut.

2. Peralatan yang Digunakan

Perbedaan kedalaman laut di atas membuat peralatan yang dibutuhkan untuk snorkeling dan diving juga berbeda.

  • Untuk aktivitas snorkeling maka alat yang dibutuhkan ialah berupa kacamata renang, kaki katak, dan juga snorkel. Snorkel berbentuk huruf J yang jadi alat bantu untuk bernafas.Untuk kegiatan ini tidak dibutuhkan tabung oksigen. Snorkel bisa membantu untuk bernafas saat berenang asalkan alat ini tidak masuk seluruhnya ke dalam air.
  • Untuk aktivitas diving, alat yang dibutuhkan ialah kacamata renang, kaki katak, dan juga tabung oksigen. Pakaian selam pun dibutuhkan untuk menjamin keamanan penyelam ketika ada di dalam laut. Jadi, peralatan yang digunakan untuk menyelam jauh lebih berat. Hal ini tak lain karena resiko yang terjadi di kedalaman laut juga lebih besar. Jadi, memakai peralatan lengkap untuk aktivitas ini sangat dianjurkan bagi setiap penyelam.

3. Keahlian yang Dibutuhkan

Aktivitas snorkeling bisa dilakukan oleh siapa saja. Artinya, tidak dibutuhkan skill atau keahlian khusus untuk bisa melakukannya. Hal ini berbeda dengan kegiatan penyelaman atau diving.

Untuk menyelam, seseorang harus melakukan kursus terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan ada resiko lebih besar yang dihadapi ketika melakukan penyelaman di bawah laut. Jadi, tidak semua orang bisa melakukannya. Bahkan sertifikat dibutuhkan untuk membuktikan bahwa seseorang sudah diijinkan untuk melakukan penyelaman.

Selain snorkeling dan diving, ada pula aktivitas olahraga air yang populer, yaitu free diving. Olahraga ini cukup berbeda dan unik. Karena untuk melakukan diving atau penyelaman, seseorang hanya butuh peralatan snorkeling tanpa tabung oksigen. Jadi, pernapasan dan kekuatan paru-paru sangat diandalkan dalam kegiatan ini.

Itulah perbedaan diving dan snorkeling. Mengetahui perbedaan tersebut bisa membantu seseorang untuk tetap aman menjelajah ke dasar laut maupun permukaannya. Hal ini memungkinkan untuk melihat keindahan bawah laut dengan lebih aman.


SIMPHOR TOUR & TRAVEL
Paket Tour Dan Wisata Pulau Belitung
JL. Gajah Mada No 01, Tanjungpandan, Belitung
Telpon :+62 719 25323
Mobile : +62 813 68067204
Whatsapp : +62 859 2495 6688
Email : info@simphortour.com

Leave a Reply

EnglishIndonesianMalay
WhatsApp chat