Call nowWA Chat

Dermaga Tanjung Rusa di Belitung dengan Keunikannya

pelabuhan tanjung rusa

Salah satu pelabuhan terkenal yang berada di Belitung adalah Pelabuhan Tanjung Rusa. Biasanya pelabuhan tersebut digunakan sebagai tempat berlabuhnya kapal menuju beberapa destinasi wisata di daerah Belitung untuk menuju destinasi wisata pantai lainnya.

Keberadaaan Pelabuhan Tanjung Rusa

keberadaan pelabuhan tanjung rusa

Untuk dapat tiba di Pelabuhan Tanjung Rusa itu sendiri, Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih waktu sekitar 90 menit dari pusat kota Tanjung Pandan. Pelabuhan yang satu ini teletak di kecamatan Membalong, tepatnya di desa Tanjung Rusa.

Desa Tanjung Rusa itu sendiri merupakan salah satu desa yang ramai di kecamatan Membalong, Belitung. Letaknya pun berada di sekitar tepi pantai menghadap Timur, yaitu di sebuah teluk besar yang bernama Teluk Balok, Belitung.

PelabuhanTanjung Rusa itu sendiri tidak jauh dari pelabuhan nelayan desa setempat. Di tempat tersebut, terdapat banyak batu-batu granit yang salah satunya dinamakan batu Rusa. Masyarakat setempat memercayai bentuk batu tersebut menyerupai seekor rusa. Hal inilah yang menjadikan nama daerah ini Tanjung Rusa.

Selain itu, tidak jauh dari pelabuhan nelayan desa. Di tempat ini terdapat banyak batu-batu granit yang salah satunya dinamakan batu Rusa, karenan menurut masyarakat sekitar bentuk batu mirip seekor rusa. Batu ini kemungkinan menjadikan nama daerah ini Tanjung Rusa.

Selain itu, perkampungan nelayan tersebut juga Anda dapat mengunjunginya untuk mempelajari kehidupan nelayan setempat. Hal tersebut akan sangat menyenangkan, terlebih terdapat banyak perahu nelayan di sekitar pantai. Bahkan, apabila beruntung, Anda bisa mendapatkan ikan segar tersedia untuk dibeli langsung dari nelayan untuk dimasak di sekitar pantai.

Sementara di lepas pantai, tidak jauh dari dermaga, ada sebuah pulau yang cukup besar, yaitu Pulau Kampak. Pulau ini dihuni oleh nelayan keturunan Bugis. Di sekitar pulau tersebut banyak terdapat keramba untuk perkembangbiakkan ikan dan udang.

Dan hal yang menonjol dari pelabuhan yang satu ini adalah adanya dermaga beton yang menjulang ke tengah laut sepanjang kurang lebih 100 meter. Pada ujungnya, terdapat perahu dan fasilitas untuk mengembangbiakkan ikan.

Apa yang Menarik di Pelabuhan Tanjung Rusa?

yang menarik di pelabuhan tanjung rusa

Selain digunakan sebagai dermaga atau tempat berlabuhnya perhu menuju destinasi wisata Belitung pantai lainnya, Pelabuhan Tanjung Rusa ini juga kerap dijadikan sebagi tempat bersantai menikmasi pantai.

Tidak hanya itu di sana disediakan restoran dengan berbagai macam kualitas, terutama dengan desain dan tata arsitektur khas Belitung. Tak jauh dari pelabuhan, juga terdapat rumah peristirahatan dan beberapa bungalow yang bisa dijadikan tempat menginap. Toilet dan kamar mandi di sana pun bersih-bersih.

Di dekat pantai, terdapat perkebunan kecil yang ditumbuhi tanaman buah-buahan serta padang rumput yang hijau. Dari sana juga akan terliha hutan mangrove atau hutan bakau kecil yang bisa Anda kunjungi.

Pelabuhan Tanjung Rusa ini memang ditata supaya layak dijadikan destinasi wisata yang dapat memajukan desa Tanjung Rusa. Bahkan, landscape pantai dibuat sedemikian rupa sehingga pengjunjung bisa bersantai di berbagai sudut dengan banyak kursi-kursi tempat istirahat di bawah pepohonan rindang, sambil menikmati pantai pasir putih serta pemandangan pantai dengan bebatuan granit artistik.

Selain penginapan, di sektiar pelabuhan ini juga banyak sekali  restoran yang menyediakan menu makanan seafood segar khas Belitung. Jika anda suka memancing ikan, Anda pun dapat melakukannya di sini.

Belitung memang terkenal dengan destinasi wisata pantainya. Ada beberapa pantai yang bisa Anda kunjungi. Untuk melakukan liburan menyenangkan, Anda dapat menggunakan paket tour Belitung dari Simphor Tour.
https://www.youtube.com/watch?v=4qtvVGRf7WY

Leave a Reply

×
Selamat Datang di simphortour, Ada yang bisa kami bantu?