Asal Usul Nama Pantai Trikora di Kepulauan Riau dan Pesona di Dalamnya

Pantai Trikora di Kepulauan Riau

Pantai Trikora di Kepulauan Riau bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi tahun ini. Pastikan untuk menyediakan cukup waktu saat belribur karena ada banyak hal yang bisa dijelajahi di pantai ini.

Siapkan juga akomodasi yang cukup guna menyusuri wisata menarik di  Pantai Trikora yang memiliki garis pantai yang sangat panjang ini. Garis pantai ini mencapai 21 km. Karenanya, dalam pengelolaanya, Pantai Trikora dibagi menjadi 5 segmen area, yakni Pantai Trikora 1, Pantai Trikora 2, hingga Pantai Trikora 5. Wisatawan yang hendak mengunjungi Pantai Trikora bisa menempuh 50 km dari pusat Kota Tanjung Pinang dengan kendaraan bermotor.

Asal Usul Nama Pantai Trikora di Riau

Pantai Trikora di Riau yang indah

Pantai Trikora konon dinamai sesuai dengan singkatan Trikmora, yakni Tri Komando Rakyat.  Pantai Trikora ini merupakan wilayah Indonesia terdepan yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.

 Namun, cerita lain menyebutkan bawah nama Pantai Trikora diambil dari pemberian nama wisatawan asing yang melihat ada Three Corra atau Tiga Coral (karang) sangat berwisata di pulau  ini. Di pantai ini memang ditemui banyak terumbu karang dan juga batu karang aneka ukuran.

Dibalik namanya yang unik, pantai ini menyimpan berbagai keindahan alam yang bisa menjadi magnet bagi para wisatawan. Mulai dari airnya yang jernih sampai dengan akomodasi wisatanya bisa membuat wisatawan betah menghabiskan waktu liburnya.

Menikmati Keindahan Pantai Trikora 1 hingga Pantai Trikora 5

Pantai Trikora di Riau dengan keberagamannya

Garis pantai di wisata ini sangat panjang. Maka, wisatawan harus memilih dulu hendak memilih aktivitas atau atraksi pilihannya. Akan lebih baik jika sebelumnya, Anda sudah melakukan penjadwalan atau memilih alternative wisata prioritas yang dikunjungi. Hal ini perlu dilakukan agar wisatawan tidak bingung ke mana arah tujuan perjalanannya. Penjadwalan bisa membantu dalam membuat wisata semakin berkesan dan untuk tujuan efisiensi tenaga dan waktu.

Maklum, pantai ini membentang sepanjang 21 km. Wisatawan bisa menemui berbagai hal menarik yang ada di Pantai Trikora. Diantaranya adalah :

  • Hamparan batu granit => Jika di satu sisi dapat disaksikan pantai dengan ombak serta hembusan angin yang sepoi-sepoi, wisatawan juga disuguhi hamparan batu granit raksasa di sisi yang lainnya. Batu granit di pantai ini berwarna putih dan besar yang menjadikannya unik dna menarik. Pemandangan ini bisa kamu jumpai di Pantai Trikora 3
  • Perkebunan kelapa, bakau dan pinus => Selain hamparan batu granit, bisa juga dijumpai perkebunan kelapa, bakau maupun pinus yang tiada habisnya. Hal ini sangatlah unik karena tidak semua pantai di Indonesia menyediakan pemandangan alam sedemikian rupa.
  • Snorkeling atau diving => Di Pantai Trikora ini, wisatawan juga bisa snorkeling atau diving. Tenang saja, ada banyak spot dan tempat penyewaan alat-alat selam yang dengan mudah bisa ditemui di wisata ini.
  • Memancing => Pantai Trikora memiliki banyak spot yang berbatu. Di spot inilah yang menjadi salah satu lokasi strategis untuk memancing. Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk memperoleh ikan, baik sendirian, bersama keluarga maupun teman.

Pantai Trikora bisa disebutkan sebagai wisata yang tidak terlalu ramai. tidak seperti paket tour beliting Ketika berada di pantai ini, maka jangan lupa untuk mencicipi hidangan kelapa muda. Santapan ini akan semakin nikmat jika disajikan di bawah terik matahari ala pantai tropis ini.

Akomodasi dan Kuliner di Pantai Trikora di Kepulauan Riau

Pantai Trikora di Riau serta keragaman kulinernya

Untuk menikmati Pantai Trikora di kepulauan riau dengan santai, wisatawan bisa menginap di hotel setempat. Sudah banyak hotel yang menyediakan penginapan dengan paket wisata yang lengkap. Selain hotel, ada juga villa-villa yang bisa disewa dengan harga lebih terjangkau. Wisatawan bisa memilih hendak menginap di hotel murah ataupun mewah.

Untuk melengkapi kesan wisata yang sempurna,  tersedia berbagai macam warung makan, café, hingga restaurant yang menyajikan berbagai hidangan khas Sumatera maupun asing. Anda juga bisa langsung membeli hasil tangkapan laut dari nelayan sendiri dan mengolahnya sembari menikmati keindahan laut dengan mendirikan tenda di tepi pantai. Akomodasi yang lengkap inilah salah satu daya tarik dari wisata Pantai Trikora di Kepulauan Riau ini.

Leave a Reply

EnglishIndonesianMalay
WhatsApp chat