Panorama Alam dan Atraksi Menarik di Pantai Pulau Jemur di Provinsi Riau

Pantai Pulau Jemur di Provinsi Riau  adalah rekomendasi wisata populer saat ini. Jika Anda sedang mencari destinasi wisata pantai di Indonesia bagian barat yang unik, maka bisa mengunjungi pada liburan yang akan datang.

Pulau Jemur adalah pulau milik Negara Republik Indonesia yang sempat viral karena disengketakan oleh Negara tetangga. Luasnya sekitar 250 hektar dan terletak di Selat Malaka, berbatasan langsung dengan Malaysia.

Pulau Jemur yang Asri dan Tidak Berpenghuni

Pantai Pulau Jemur di Provinsi Riau yang indah

Pulau Jemur adalah salah satu pulau yang berada di dalam gugusan Kepulauan Arwah. Pulau ini juga merupakan pulau terluas diantara 9 pulau lainnya seperti Pulau Tokong Emas, Tokong Simbang, dan Labuhan Bilik.

Selain memiliki daratan yang paling luas dibandingkan pulau lain di Kepulauan Arwah, Pulau Jemur juga terkenal karena memiliki panorama alam yang sangat indah.  Lihat saja pasirnya putih yang indah, maka Anda akan jatuh hati pada pantai ini.

Lokasi ini juga menjadi pantai konservasi habitat penyu hijau. Selain itu, perairan di Pulau Jemur juga sangat kaya akan ikan dan biota laut lainnya.

Pulau Jemur tidak memiliki penghuni dan hanya digunakan sesekali oleh nelayan sebagai tempat persinggahan sementara saat melaut. Hal ini bisa jadi menjadi salah satu hal yang menyebabkan Pulau Jemur dan pantai-pantainya cukup asri hingga cukup membuat Negara tetangga tertarik untuk mengelolanya.

Keindahan Panorama Pantai Pulau Jemur di Provinsi Riau

Pantai Pulau Jemur di Provinsi Riau dengan panorama yang indah

Keindahan pemandangan alam pantai di Pulau Jemur tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Pantai Pulau Jemur memiliki air yang bergradasi antara hijau dan biru, semakin jauh ke samudera air semakin terlihat biru.

Selain air yang terlihat jernih dan bersih, Pantai Pulau Jemur juga terkenal karena memiliki pasir yang sekilas berwarna kuning keemasan. Keindahan ini menjadikannya sebagai pantai yang unik di Riau. Selain itu, masih banyak keseruan lain di pulai ini, seperti halnya :

  1. Aktivitas Snorkeling di Pulau Jemur

Sempatkan bersnorkeling saat berkunjung ke Pantai Pulau Jemur. Selain hamparan pasirnya yang luas, ekosistem bawah laut Pulau Jemur kaya akan aneka ragam biota laut, ikan dan terumbu karang.

Sebagai tips, jika berkunjung ke lokasi ini, ada baiknya jika Anda membawa alat snorkeling sendiri. Hal ini guna menghindari sulitnya mencari peralatan yang memadai. Tips lainnya adalah, Anda harus tetap berhati-hati ketika menyelam. Hal ini tak lain karena terdapat ular laut maupun biawak air yang bisa membahayakan wisatawan.

  1. Pantai Pulau Jemur & Penyu Hijau

Saat berkunjung ke Pantai Pulau Jemur, salah satu atraksi yang bisa dilakukan adalah menyaksikan penyu hijau bertelur. Anda juga bisa melihat penetasan telur-telur penyu hijau ini. Namun tentu saja, saat hendak menyaksikan ini sebaiknya berhati-hati ya agar tidak menggangu aktivitas penyu hijau.

Aktivitas di atas dilakukan guna melestarikan keberadaan penyu hijau yang saat ini mulai langka. Perlu Anda tahu bahwa penyu hijau akan bertelur di malam hari. Anda bisa melihat jadwal sebelum mengikuti kegiatan positif dan menyenangkan ini.

  1. Mudahnya akomodasi di Pulau Jemur

Untuk menikmati liburan di Pulau Jemur dan pantai-pantainya yang asri, wisatawan bisa berkunjung dan menginap di penginapan yang disediakan pemerintah. Di Pantai Pulau Jemur di Provinsi Riau ini tersedia paling tidak 11 rumah singgah yang dapat menampung sekitar 5-10 orang untuk setiap rumah. Biaya yang dikenakan pun cukup terjangkau. Untuk menuju Pulau Jemur, wisatawan bisa menaiki kapal feri yang berangkat dari Pelabuhan.

Leave a Reply

EnglishIndonesianMalay
WhatsApp chat