Call nowWA Chat

Indahnya Pantai Pesisir Sijuk yang Wajib Didatangi

pantai pesisir sijuk

Berwisata ke daerah Belitung memang tak pernah ada habisnya, salah satu objek wisata terkenal di sana adalah Pantai Pesisir Sijuk dengan segala keindahan yang ditawarkannya. Pantai yang satu ini memanglah satu dari sekian wisata pantai yang wajib Anda kunjungi jika bertandang ke Belitung. Mengapa? Karena banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi liburan Anda di tempat tersebut.

Gambaran Sejarah Pantai Pesisir Sijuk

sejarah pantai peisisr sijuk

Pantai Pesisir Sijuk ini sendiri terletak di Kecamatan Sinjuk, Kabupaten Belitung. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata Belitung yang tak banyak orang tahu. Namun pesona keindahan pantai yang satu ini tak bisa diragukan lagi, sehingga sangat tepat untuk dijadikan tempat destinasi liburan.

Memang pada dasarnya, hampir semua pantai di Belitung memang memiliki keindahannya tersendiri, tak terkecuali Pantai Pesisir Sijuk ini yang tak kalah dengan pantai di Belitung lainnya. Lalu bagaimana dengan sejarah pantai tersebut?

Pantai Pesisir Sinjuk terlebih dulu dikenal sebagai tempat berkumpulnya para hantu. Maka, tak jarang ada yang menyebutnya juga Pantai Siantu. Hingga pada sekitar tahun 30-an barulah masyarakat sekitar pantai mulai berani melewati pantai ini.

Seseorang bernama Kik Ilap adalah orang pertama menjadi memberanikan dirinya untuk berkebun ke sebuah pulau berlokasi persis di depan pantai Siantu itu. Akhirnya, sejak saat itu pula masyarakat mulai memberanikan diri juga untuk mendatanginya.

Tidak hanya itu, para nelayan pun ikut memberanikan diri untuk menginjakkan kaki ke pesisir pantai itu untuk mempersiapkan pelayaran bersama perahunya di sana.

Bagaimana Keunikan Pantai Pesisir Sinjuk Itu?

keunikan pantai pesisir sijuk

Apa saja hal unik yang ada di Pantai Pesisir Sijuk itu snediri? Di sana terdapat batu-batu besar. Namun ternyata bukanbebatuan granit, melainkan bebatuan hasil erupsi gunung api. Bebatuan besar yang ada di pantai juga menunjukkan warna hitam kehijauan dengan tekstur aphanitic.

Uniknya lagi, hamparan bebatuan tersebut merupakan Batuan formasi Siantu  yang telah di teliti oleh Penyelidik Bumi Utama, Badan Geologi, dan disebut sebagai Lava Bantal Siantu. Bebatuan itu memiliki bentuk yang membundar dan memanjang menyerupai bantal, maka tak jarang orang-orang menyebutnya dengan istilah Lava Bantal.

Selain itu, terdapat pasir putih yang membentang sepanjang pantai. Hal tersebut tentu membuat pantai ini terlihat indah. Apabila air laut mulai pasang dan matahari terus bersinar, Anda pun bisa menyaksikan secara kasat mata tekstur warna merah muda Pantai Siantu ini.

Selain hamparan bebatuan, di sepanjang pantai juga terdapat beberapa pepohonan yang memberi kesan teduh dan menyegarkan. Cocok bagi Anda yang senang bersantai.

Selain itu, di sana ada tiang-tiang kayu besar yang ditancapkan di seputar pantai yang menjadi ciri khas dari pantai ini. Hal itu pula yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Biasanya para pengunjung menggunakan tiang-tiang kayu besar itu untuk bersantai ria menikmati keindahan pantai menggunakan hammock.

Di sana, Anda pun dapat mengabadikan momen dengan berselfie atau bisa menjadi objek foto Anda serta sangat cocok dijadikan latar belakang yang menakjubkan. Hamparan pasir putih juga dapat Anda manfaatkan untuk bermain atau sekedar berjalan-jalan di tepi pantai bersama orang-orang terdekat.

Untuk Anda yang sedang merencanakan liburan ke Belitung dengan keluarga atau orang-orang terdekat, Anda dapat menggunakan paket tour Belitung bersama Simphor Tour. Karena, di sana tersedia berbagai jenis layanan paket liburan yang ekonomis yang akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

×
Selamat Datang di simphortour, Ada yang bisa kami bantu?