Sejarah dan Apa Itu Museum Kata Andrea Hirata Gantong Belitung

Museum Andrea Hirata

Museum Andrea Hirata berada di Belitung Timur, tepatnya di kawasan Gantong. Museum yang sekaligus sebagai tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat berbagai koleksi sastra dari Andrea Hirata. Bagi pecinta novel laskar pelangi dan film Laskar Pelangi sudah pasti akan menyempatkan diri berkunjung jika melakukan travel ke belitung. Karena hal inilah maka tempat ini sangat cocok menjadi wisata edukasi tujuan study tour anak-anak sekolah.

Sejarah Berdirinya Museum Andrea Hirata

Museum Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata di Belitung ini berdiri sejak tahun 2010 lalu. Pendirinya seorang penulis novel dan kurator yang sekaligus dijadikan nama dari museum tersebut yaitu Andrea Hirata. Saat sampai ke sini, maka pengunjung akan disuguhi dengan warna-warni bangunan yang mencolok. Inilah yang akan mengingatkan pengunjung pada buku best seller karangannya, yaitu Laskar Pelangi.

Di dalam museum ini ada banyak suguhan yang menarik. Tak lupa, kearifan lokal juga turut dipamerkan di sini. Jadi, tentunya sangat cocok dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak dan pecinta sastra dari seluruh dunia.

Lalu, ada apa saja di dalam museum ini? Lihat koleksi-koleksi Andrea Hirata yang ditampilkan dan dipemerkan di dalam bangunan warna-warni ini :

  1. Ada lebih dari 200 literatur dari beraneka macam genre.
  2. Ada literatur musik, film, hingga anak-anak, seni, dan arsitektur
  3. Ada karya-karya penulis luar negeri
  4. Ada informasi tentang geografi Belitung Timur
  5. Informasi batu satam yang terkenal di Belitung
  6. Kata-kata asli dari Belitung yang semakin langka

Latar Belakang Pendirian Museum Kata di Belitung

Museum Andrea Hirata dan latarbelakangnya

Museum ini lahir dari janji Andrea Hirata.  Kala buku Laskar Pelangi mencapai penjualan yang sangat tinggi, dia ingin membuat sesuatu yang berbau pendidikkan. Makanya, museum kata ini menjadi persembahannya untuk dunia tentang sastra. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung tidak dipungut  biaya alias gratis.

Museum ini didirikan dari hasil royalti novel Laskar Pelangi. Dan di sinilah orang-orang bisa belajar banyak hal tentang sastra dan seni. Dan tak lupa yang bisa dipelajari ialah tentang budaya dan kearifan lokal Belitung.

Pendirian museum butuh biaya setidaknya 1 miliar rupiah. Sedangkan biaya operasionalnya ialah sekitar 10 juta rupiah perbulan. Alhasil, museum ini bergantung pada pemasukan Andrea Hirata dari penjualan novel-novelnya.

Museum ini berdiri di rumah yang telah berusia lebih dari 200 tahun. Meskipun bukan rumah dan properti miliknya, namun museum ini tetap dirawat dan beroperasi untuk memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk belajar sastra.

Apa Saja Bagian-Bagian Penting Dari Museum Kata Andrea Hirata

Museum Andrea Hirata

Ketika pengunjung akan masuk ke museum, maka akan disambut dengan warna warni dari gedung dan pintu masuk. Setelah di dalam, maka akan ada ruangan yang nyaman lengkap dengan meja dan buku yang berserakan di atasnya. Di sini ada pula pajangan foto-foto adegan Laskar Pelangi. Dengan demikian tempat ini juga bisa disebut jejak laskar pelangi selain SD Laskar Pelangi muhamadiyah gantong..

Ruangan tamu ini sekaligus menjadi penguhubung bagi ruangan lain yang diberi nama dari tokoh-tokoh laskar Pelangi. Ada ruang bernama Ruang Ikal, Ruang Lintang, Ruang Mahar, dan ruang-ruang lainnya. Bahkan, di sini ada pula ruang dapur yang sekaligus menjadi warung kopi. Disini, pengunjung bisa memesan kopi sambil berbincang-bincang santai.

Saat ini, Museum Andrea Hirata menjadi satu-satunya museum di Indonesia yang mengambil ide dari sastra. Ada banyak inspirasi dan juga nilai-nilai positif yang didapatkan dengan berkunjung ke museum yang satu ini. Jadi, pastinya akan menjadi pembelajaran yang berharga bagi setiap pengunjung yang datang. Ajak anak-anak dan seluruh keluarga untuk singgah ketika di Belitung, baik dengan bantuan travel agent paket tour belitung atau dengan berkendara kesana dengan sewa kendaraan belitung.


SIMPHOR TOUR & TRAVEL
Paket Tour Dan Wisata Pulau Belitung
JL. Gajah Mada No 01, Tanjungpandan, Belitung
Telpon :+62 719 25323
Mobile : +62 813 68067204
Whatsapp : +62 859 2495 6688
Email : info@simphortour.com

Leave a Reply

EnglishIndonesianMalay
WhatsApp chat