Call nowWA Chat

Efek Buruk Kurang Berlibur dan Refresing bagi Kesehatan Psikis juga Fisik

efek butuh berlibur

Setiap orang perlu tahu apa saja efek kurang berlibur terutama bagi kesehatan fisik dan kejiwaan. Kita setuju bahwa manfaat berwisata ini sangat baik bagi semua usia, termasuk anak-anak maupun orang dewasa. Penting untuk diketahui bahwa selalu bekerja ataupun belajar bisa mengundang bahaya, terutama bagi kesehatan fisik dan mental, misalnya stres dan depresi. Karenanya, kesadaran akan pentingnya berlibur harus ditekankan bagi semua orang.

Apa Saja Efek Kurang Berlibur Secara Umum Bagi Manusia?

efek kurang berlibur

Manusia terdiri dari fisik, jiwa, dan pikiran. Jika fisik sudah diberi banyak makanan bergizi, maka pikiran dan juga jiwa juga harus diberikan suplai energi. Caranya ialah dengan berlibur atau berwisata. Tidak harus mahal, berlibur bisa dengan budget murah dan ekonomis.

Terlalu sibuk bekerja atau belajar bisa menimbulkan masalah kejiwaan, depresi dan penurunan fungsi otak. Karena hal itulah, jadikan liburan sebagai agenda wajib bagi diri sendiri dan keluarga. Bagi yang peduli kesehatan, maka perlu mengetahui lebih banyak dampak kurang berwisata, baik bagi psikologi maupun fisik.

1. Efek Kurang Berlibur Bagi Psikologi Manusia

efek kurang berlibur

Psikologi manusia juga butuh suplemen. Kegiatan refreshing, piknik, dan berlibur bisa menjadikannya lebih sehat. Jika suplemen ini tidak dipenuhi, maka dampaknya bisa jadi tidak kita duga, seperti : mudah stress, depresi, dan mood yang selalu buruk. Sehingga pada ujungnya akan merembet kepada kesehatan fisik.

Berbeda dengan orang yang selalu berolahraga dan rekreasi, maka akan turut mempengaruhi kesehatan psikologisnya. Orang yang rajin olahraga dan rutin rekreasi akan  menjalani hidup lebih rileks dan lebih sehat. Kualitas hidup manusia juga akan meningkat. Hal ini terlihat dari dampak positif rekreasi bagi psikologis manusia.

Bagi kehidupan, berlibur bisa membangun rasa percaya diri seseorang, membangun karakter dan spiritualitas lebih baik. Kegiatan ini juga membantu dalam mengatasi masalah-masalah dalam karirnya. Setiap mendatangi suatu tempat, bertemu orang baru dan budaya baru, seseorang bisa lebih terbuka baik pikiran dan jiwannya. Karenanya dia bisa lebih sehat secara psikologis.

2. Efek Kurang Berlibur Bagi Fisik Manusia

efek kurang berlibur

Kurang olahraga dan kurang rekreasi, bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh. Jadi, bukan hanya makanan saja bisa membangun tubuh sehat. Berlibur juga bagian penting dari kesehatan manusia. Jika kurang berlibur, beberapa penyakit bisa mengintai lebih dekat, seperti :

  • Alzhemer
  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Osteoporosis
  • Dan penyakit jantung

Dengan resiko penyakit yang disebutkan di atas, maka ada baiknya segera agendakan liburan jika dirasa perlu. Meluangkan waktu sebentar untuk keluar dari rutinitas akan membuat kehidupan menjadi lebih baik. Selain sehat, hidup juga lebih bahagia dan bermakna. Kita juga akan lihat betapa banyaknya hal-hal baru disekitar kita yang selama ini tidak kita ketahui.

Apa Saja Tanda-Tanda Seseorang Butuh Berlibur?

efek kurang berlibur

Seringkali orang yang terlalu sibuk jadi lupa untuk berlibur. Namun jangan sampai hal ini terjadi. Kenali keadaan diri sendiri dan lihat apakah Anda sudah wkaktunya butuh liburan atau belum. Inilah tanda-tanda seseorang butuh segera keluar dari rutinitas dan berekreasi :

  • Sudah tidur => hari-hari yang selalu gelisah membuat seseorang sudah tidur atau dinamakan insomnia. Banyak pikiran bisa jadi alasannya. Maka, segera ambil koper dan ransel untuk berlibur agar efeknya tidak sampai membuat stress.
  • Selalu berpikir negatif => mood yang jelek bisa membawa seseorang pada pikiran-pikiran negatif. Untuk membuang semua perasaan itu, maka liburan adalah cara jitu dan sehat.
  • Mulai memiliki kebiasaan tidak sehat => kurang piknik bisa memicu seseorang mencari kebiasaan yang tidak sehat. Contohnya adalah selalu makan makanan cepat saji, merokok, dan konsumsi alkohol. Jika melihat tanda-tanda ini, maka itu artinya kita butuh liburan.

Kenali keadaan fisik dan psikologis kita. Seringkali keadaan mood yang kita miliki menandakan tubuh butuh rehat sejenak. Tak perlu jauh-jauh, kita bisa berjalan santai di taman, olahraga jogging setiap pagi, pergi ke taman kota, dan piknik akhir pekan.

Pantai atau gunung juga bisa jadi alternatif tempat liburan. Cara ini efektif menjadikan hidup lebih sehat baik fisik maupun psikologis. Terutama ketika kita sudah tahu apa saja efek kurang berlibur, jadi sudah sepantasnya kita mencari tahu apa yang tubuh kita butuhkan. Tak ada salahnya berlibur dan bersantai untuk kesehatan dan kebahagiaan diri sendiri.

Sebagaimana diketahui bahwa pantai adalah tempat berlibur yang sangat disarankan. Salah satu tempat tujuan berwisata terpopuler di indonesia ada di belitung yang terkenal dengan keindahan deretan pantainya. Kami menawarkan berbagai paket tour belitung sesuai kebutuhan anda untuk mengunjungi pantai-pantai terindah di indonesia.


SIMPHOR TOUR & TRAVEL
Paket Tour Dan Wisata Pulau Belitung
JL. Gajah Mada No 01, Tanjungpandan, Belitung
Telpon :+62 719 25323
Mobile : +62 813 68067204
Whatsapp : +62 859 2495 6688
Email : info@simphortour.com

Leave a Reply

×
Selamat Datang di simphortour, Ada yang bisa kami bantu?