Apa Saja Mata Pencaharian dan Kebudayaan Penduduk Pulau Belitung?

Demografi dan budaya belitung

Demografi dan budaya belitung cukup menarik untuk dipelajari. Belitung sendiri memiliki keindahan alam yang begitu kaya serta seru untuk dikunjungi. Deretan pantai yang megah, membuat banyak orang rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk bisa datang kesana mengunjungi berbagai destinasi tempat wisata di belitung.

Belitung juga dikenal dengan adat istiadat serta tarian tradisionalnya yang menawan. Ragam daya pikat yang ditampilkan, membuat pulau ini laris manis dikunjungi pendatang. Bukan hanya turis lokal, namun turis internasional pun terpikat dengan eloknya paras pulau negri laskar pelangi ini.

Demografi dan bBudaya Belitung Serta MataPencaharian Penduduknya

Demografi dan budaya belitung

Pulau Belitung beribukota di Tanjung Pandan dengan luas mencapai 2.293,69 km2. Pulau ini memiliki penduduk dengan jumlah 170.782 jiwa (tahun 2013) dengan mata pencaharian utama berada di sektor pertambangan karena belitung merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia. Sebagian lagi berada di sektor perkebunan seperti karet, kelapa sawit, kayu senon dan lain sebagainya.

Terdapat juga sebagaian dari masyarakat Belitung juga mengembangkan industri kerajinan dari tembikar serta anyaman rotan. Jika dilihat dari ciri-ciri bahasa, adat istiadat serta asal usulnya, orang Belitung dapat digolongkan ke dalam kelompok suku bangsa melayu.

Penduduk Belitung memiliki kepercayaan asli yang bersifat animisme. Mereka masih mengenal ragam upacara yang secara turun temurun diwariskan oleh leluhurnya. Bahasa ibu yang digunakan oleh masyarakat pulau Belitung adalah bahasa Melayu Belitung dengan akses yang berbeda antara Melayu Pesisir dan orang daratan.

Selain sektor pertambangan, perkebunan dan kerajinan mata pencaharian penduduk disana juga banyak yang berasal dari sektor pariwisata. Hal ini bukan sesuatu yang asing ditelinga mengingat pantai di belitung belitung dikenal dimata internasional  sebagai yang terindah. Jika anda ingin membuktikan apakah benar pantai di belitung adalah yang terindah maka silahkan menggunakan layanan paket tour belitung yang kami sediakan.

Adat istiadat dan Budaya Penduduk Pulau Belitung

Demografi dan budaya belitung

Pulau Belitung memiliki kekayaan budaya serta tradisi yang sangat menarik. Salah satunya adalah kesenian tradisional seperti seni musik, sastra, tari, teater rakyat dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan ragam kesenian menarik yang dapat ditemukan di pulau Belitung.

  • Kesenian Dul mulok => Kesenian ini merupakan drama tradisional yang membawakan cerita rakyat diiringi dengan musik gendang serta biola. Kesenian Dul Mulok merupakan kesenian dari Belitung yang berkembang di kecamatan Membalong.
  • Kesenian Begubang => Begubang merupakan kesenian Melayu Belitong yang biasa ditampilkan dalam suatu upacara dengan 2 atau 3 orang lelaki melantunkan pantun nasehat. Begubang juga sering diiringi dengan musik Betoing sehingga tidak jarang juga disebut dengan disebut dengan Betiong Begubang.
  • Kesenian Begambus => Kesenian ini memiliki nuansa yang islami dan sering ditampilkan dalam berbagai acara kesenian rakyat serta selamatan. Begambus memiliki syair-syair yang dilantunkan seiring dengan alunan dari alat musik gambus. Gambus sendiri adalah sejenis alat musik seperti gitar yang bisa dimainkan sendiri atau dipadukan dengan jenis alat musik yang lain.
  • Beripat Beregong => Beripat Beregong merupakan permainan adu ketangkasan menggunakan rotan sebagai pemukul. Masing-masing pemain akan mengandalkan kemampuannya dengan cara memukul punggung lawan. Pemenang ditentukan dari pemain yang mendapat sedikit sabetan di punggungnya.
  • Maras taun => Maras taun berasal dari kata “maras” yang memiliki arti meniris atau membersihkan duri halus serta “taun” yang berarti tahun. Maras taun merupakan wujud sukur dari masyarakat Belitung setelah musim panen padi sekaligus membersihkan kampung dari marabahaya.

Ada banyak kesenian yang ditampilkan dalam maras taun seperti ngemping, nutok lesung panjang, tari sepen dan lain sebagainya.

Demografi dan budaya Belitung sangat menarik untuk diikuti. Pulau yang satu ini memiliki ragam adat istiadat menarik yang tidak kalah uniknya dari pulau lain. Belitung juga memiliki banyak wisata seru bagi anda pecinta traveler. Hal ini tidak lepas dari keindahan alamnya yang begitu mempesona sehingga menarik minat banyak pengunjung dari seluruh dunia.

Leave a Reply

EnglishIndonesianMalay
WhatsApp chat