Cara Membedakan Keaslian Batu Satam dari yang Palsu

batu satam

Batu satam adalah salah satu ikon kota Belitung. Jenis batu yang ditemukan pada kedalaman lebih dari 50 meter di bawa permukaan tanah ini, konon berasal dari meteor. Akibat dari reaksi kimia dengan timah, maka terbentuklah batu yang disebut satam.

Ciri khas baru ini adalah warnanya yang gelap pekat. Batuan ini juga memiliki guratan yang unik hingga sering dipakai untuk perhiasan pria maupun wanita. Batu berharga mahal ini nyatanya juga banyak yang memalsukan. Jadi, ketika berkunjung ke Belitung dan membeli batu ini, lihat tanda keasliannya dulu.

Apa Saja Ciri Fisik Batu Satam yang Asli

batu satam

Ke Belitung belum lengkap kalau belum beli batu hitam pekat yang bernama satam. Batu ini termasuk “akik” khas Belitung yang berharga. Harganya tidaklah murah, namun sepadan dengan eksotisme dan juga keindahannya. Amati dulu sebelum membeli dan lihat ciri fisik batuan satam yang asli berikut ini :

  • Guratan pada satam => tidak semua batuan satam memiliki guratan. Ciri ini hanya ditemukan pada batu yang ukurannya besar. Satam kecil jarang yang memiliki guratan.
  • Ukuran satam => ukuran batu satam paling besar adalah 15cm. Jika ada yang lebih dari itu, maka perlu diteliti lebih lanjut keasliannya.
  • Efek cahaya senter => satam yang tipis akan menampakkan warna hijau ketika terkena cahaya senter. Namun bagi yang bentuknya bulat, sedikit sulit mengetahui keasliannya dengan cara ini.
  • Warna satam => warna batu ini sangat hitam pekat yang menandakan bahwa batu ini terkubur dalam perut bumi yang dalam. Permukaannya mengkilap meskipun berwarna hitam dan memiliki harga jual tinggi.

Beberapa ciri batuan khas Belitung diatas bisa membantu siapa saja dalam membeli batu ini sebagai oleh-oleh khas dari belitung. Jika datang ke Belitung, maka Anda akan menemui banyak penjual satam. Tugas pertama Anda adalah memeriksa keasliannya. Jangan sampai tergiur dengan harga yang murah.

Sebagai biro perjalanan wisata asli putra belitung, kami dapat membedakan batu satam yang asli dan yang palsu. Oleh karena itu jika anda menggunakan layanan paket tour belitung yang kami sediakan, maka kami akan membantu memilihkannya untuk anda.

Batuan Satam Sebagai Perhiasan Bernilai Jual Tinggi

batu satam

Batu meteor yang berasal dari Belitung merupakan batuan yang langka. Maka tak heran jika batu ini memiliki nilai jual yang tinggi. Belum lagi tampilannya yang unik dan indah membuat batu ini cocok dipakai sebagai perhiasan.

Bukan hanya di Indonesia. Produk batu khas Belitung ini juga sudah masuk ke pasar Asia. Negara-negara lain juga mengincar produk dari negeri Laskar Pelangi ini. Malaysia, Singapura, Hongkong, Jepang, dan Brunai Darussalam adalah contoh negara yang memiliki minat pada satam.

Minat membeli satam ini didasari paa beberapa faktor :

  • Keindahan
  • Keunikan
  • kandungan magnet dalam satam

Semua itu menjadi daya tarik dari batu ini. Makin hitam warna satam, maka harga akan semakin tinggi. Dan inilah yang diburu oleh para kolektor dari seluruh penjuru dunia. Asal muasal batu ini juga menarik perhatian banyak orang.

Sejarah Adanya Batuan batu satam

batu satam

Pada jutaan tahun yang lalu meteor jatuh dan meledak di angkasa. Karenanya partikel batu jatuh ke bumi. Karena Belitung mengandung timah, maka batu ini jadi berwarna hitam akibat adanya reaksi kimia.

Dari batu satam yang indah tersebut, lahirlah beberapa produk yang unik. Hasilnya bisa dipakai sebagai perhiasan bernilai jual tinggi. Produk tersebut berupa anting-anting, cincin, tasbih, dan liontin. Inilah cinderamata khas Belitung yang dikenal dunia.

Saat ini, batu satam bisa dibeli lebih mudah lewat online. Namun kesan yang berbeda tentu akan Anda dapat dengan mengunjungi Belitung. Bukan hanya beli batu meteor ini, namun ketika di Belitung, Anda akan menyaksikan banyak keindahan alam mulai dari pulau hingga pantainya yang menawan.


SIMPHOR TOUR & TRAVEL
Paket Tour Dan Wisata Pulau Belitung
JL. Gajah Mada No 01, Tanjungpandan, Belitung
Telpon :+62 719 25323
Mobile : +62 813 68067204
Whatsapp : +62 859 2495 6688
Email : info@simphortour.com

Leave a Reply

EnglishIndonesianMalay
WhatsApp chat