Call nowWA Chat

Nikmati Keindahan Alam di Kawasan Objek Wisata Batu Baginda

batu baginda

Batu Baginda adalah salah satu  dari sekian banyak jenis batu granit yang paling terkenal. Mengapa batu yang satu ini begitu unik? Hal ini dikarenakan keberadaan batu granit tersebut ditemukan di darat dan tidak seperti batu granit lainnya.

Apa yang Unik dari Batu Baginda Itu Sendiri?

batu baginda belitung

Selain terkenal dengan pantai-pantainya yang begitu indah, Belitung juga terkenal dengan bebatuan granitnya yang besar-besarnya. Bahkan keberadaan beberapa batu granit raksasa ini memang menjadi ciri khas dari wilayah tersebut serta membuatnya beda dari destinasiwisata alam lainnya di Indonesia.

Di Belitung sendiri bahkan ada batuan granit yang mencapai usia 247 juta tahun tersebut bersandingan pasir putih nan halus dan biru lautan yang menenangkan.

Di sana, Anda akan disuguhi pemandangan hutan-hutan dibawah bukit tersebut turut menghijaukan pandangan mata sembari menyaksikan laut Belitung dari kejauhan.

Tak jauh dari Pantai Penyabong, terdapat batu granit terbesar yang begitu terkenal di daerah sana.  Warga sekitar menyebutnya dengan sebutan Batu Baginde. Batu tersebut terletak di Desa Padang Kandis, Membalong, sekitar  satu jam setengah dari Kota Tanjung Pandan.

Cerita di Balik Batu Baginda

cerita batu baginda belitung

Keberadaan Batu Baginda ini terdiri dari dua bongkahan granit raksasa. Dua bongkahan batu tersebut dikenal dengan batu jantan dan batu betina. Masyarakat setempat memercayai mitos bahwa tidak keduanya boleh didatangi dan didaki. Melainkan, hanya batu betinanya saja yang bisa dieksplorasi.

Untuk bisa tiba di puncak batu tersebut, tidak terlalu memakan waktu lama, yaitu hanya sekitar lima belas menit. Dalam hal ini trek menuju puncak Batu Baginda sendiri cukup mudah, namun jika Anda ingin sampai titik paling atas, memang harus meniti tangga agak curam yang sudah disediakan. Meskipun demikian, pemandangan indah bisa terlihat dari atas sana.

Sedikit saran, apabila ingin melakukan perjalanan ke sana jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang nyaman, membawa air minum yang cukup, serta alas kaki yang aman.

Namun, di balik itu semua terdapat cerita mengenai batu granit raksasa yang satu ini. Masyarakat setempat menganggap batu tersebut memiliki sisi mistis. Batu Baginda kerap dijadikan tempat khusus untuk melakukan ritual khusus guna memenuhi nadzar mereka atau sesuatu yang mereka inginkan.

Sleain itu ada beberapa aturan yang dipercaya dan tidak boleh dilakukan di sana, misalnya dilarang berbicara yang tidak-tidak atau berbicara yang kotor, berbuat yang tidak senonoh dan yang lainnya.

Masyarakat setempat percaya bahwa perbuatan yang dilakukan dan perkataan yang kita ucapkan tersebut dapat membuat penunggu tempat tersebut terganggu dan bisa melakukan hal yang tidak diinginkan.

Wanita yang sedang haid juga dilarang untuk naik ke atas batu tersebut. Mereka percaya bahwa wanita tersebut naik dan dia sudah tau sebelumnya tentang cerita masyarakat setempat tentang batu tersebut, maka tidak jarang wanita tersebut mengalami kerasukan. Dan banyak lagi kepercayaan lainnya.

Namun, terlepas dari cerita mistisnya, Batu Baginda ini memang salah satu tempat yang direkomendasikan sebagai destinasi liburan. Terutama bagi Anda yang sedikit menyukai tantangan sekaligus pemandangan indah di Belitung.

Selain destinasi wisata tersebut, Belitung terkenal dengan keberadaan pulau-pulau juga pantai yang menawan yang bisa Anda kunjungi. Anda juuga dapat menggunkan layanan paket tour Belitung bersama Simphor Tour untuk dapat menikmati perjalanan liburan yang menyenangkan. Selain itu, jadwal perjalanan liburan pun dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda.

 

Leave a Reply

×
Selamat Datang di simphortour, Ada yang bisa kami bantu?