Call nowWA Chat

5 Bahaya Pantai Yang Bisa Merusak Suasana Liburan Anda

bahaya wisata pantai

Bahaya wisata pantai sering kali kurang bahkan tidak dihiraukan wisatawan. Padahal hal ini sangat mungkin terjadi dan membuat agenda wisata terganggu. Bahkan lebih buruknya adalah resiko ini bisa mengancam jiwa.

Maka sudah seharusnya bagi Anda untuk mengetahui resiko-reisko tersebut sebelum menentukan agenda liburan Anda ke pantai. Tentu saja agar anda lebih waspada dari kemungkinan buruk yang bisa saja menimpa anda maupun orang terdekat.

1. Bahaya Wisata Pantai Berupa RIP Current

bahaya wisata pantai

Tahukah Anda apa RIP current itu? Istilah tersebut bisa menggambarkan situasi bahaya bagi yang berenang di pantai. Perlu diwaspadai bahwa RIP current adalah arus yang bergerak sangat kuat dengan kecepatan tinggi. Lebih jelasnya begini,  RIP current merupakan jalur aliran air sempit dengan luas sekitar 9 meter. Ciri-cirinya adalah arusnya terlihat sangat tenang, padahal air di kanan-kirinya berombak kencang.

Berenang di tepi pantai saja bisa mengundang bahaya. Anda beresiko terbawa arus laut dan ombak. Maka jika hal ini terjadi, sebaiknya tidak berenang melawan arus. Akan tetapi, berenanglah sejajar pantai. Lokasi fenomena ini bisa berpindah-indah. Jadi kewaspadaan ekstra selalu diperlukan.

2. Fauna (Binatang) Laut Bisa Juga Mengundang Bahaya

bahaya wisata pantai

Jika berwisata ke pantai, jangan abaikan resiko dan bahayanya. Pasalnya bahaya wisata pantai bisa mengintai siapa saja. Salah satunya ialah karena ulah fauna laut.

Jika Anda melihat hewan laut saat berenang jangan langsung memegangnya, terlebih karena warnanya yang mencolok atau bentuknya yang lucu. Karena bisa jadi binatang tersebut beracun dan mematikan. Contohnya adalah ubur-ubur. Sengatan dari hewan laut ini sangat berbahaya meskipun penampilannya indah dan juga nampak tidak berbahaya.

3. Jangan Tantang Ombak Tinggi di Pantai

bahaya wisata pantai

Berenang di pantai boleh-boleh saja. Namun perhatikan peringatan yang diberikan. Jika ada larangan “tidak boleh berenang”, jangan diabaikan karena kondisi pantai bisa saja berubah dengan drastis. Ombak tinggi bisa tba-tiba datang.,

Resiko terseret ombak sangat besar terjadi. Jadi bagi yang suka berenang di tepi pantai, pilihlah pantai dengan ombak yang lebih tenang.  Cara ini bisa menghindarkan Anda dari bahaya wisata Pantai berupa ombak tinggi. Ingat bahwa tidak semua pantai bisa dipakai sebagai spot berenang yang aman.

4. Menggali Lubang Di Pasir Pun bisa Berbahaya

bahaya wisata pantai

Ada tips yang harus Anda terapkan bahwa jangan menggali lubang di pantai melebihi lutut Anda. Karena pasir bisa runtuh dan mengubur Anda. Lubang ini selain bisa melukai diri sendiri juga bisa melukai orang lain. Maka tetap awasi keluarga dan anak-anak yang suka bermain pasir di pantai.

Lubang-lubang di pasir yang tadinya dibuat untuk kesenangan bisa menjadi malapetaka dan mampu merenggut korban jiwa.

5. Bahaya Radiasi Sinar Ultraviolet Di Kawasna Pantai

bahaya wisata pantai

Khususnya pantai-pantai di kawasan tropis, bisa memancarkan cahaya matahari yang intens. Maka dari itulah pemakaian lotion sunblock sangat disarankan. Tujuannya adalah menghindari kulit terbakar matahari. Maka dari itu selalu masukan sunblock sebagai salah satu persiapan wisata ke pantai.

Sinar ultraviolet ini ternyata bisa membakar kulit. Bisa pula menimbulkan resiko lain yang lebih parah. Gangguan yang bisa didapat para turis yang biasa berjemur di pantai ialah kram karena panas, kelelahan, stroke akibat terpapar panas yang berlebihan.

Pertolongan medis diperlukan bagi yang mengalami kondisi parah akibat terbakar matahari. Maka, berjemurlah sewajarnya dan jangan berlebihan. Jika dirasa sudah terlalu panas, maka berlindunglah di tempat yang rindang.

Waspada terhadap bahaya wisata pantai bukan hanya penting bagi diri sendiri. Pastikan keluarga dan orang terdekat yang kita ajak berlibur juga mewaspadai bahaya liburan ke pantai ini. Karena keselamatan tetap menjadi prioritas saat berlibur dan bepergian kemanapun Anda berwisata.

Leave a Reply

×
Selamat Datang di simphortour, Ada yang bisa kami bantu?